Sabtu, 28 April 2012

*** KU PETIK HIKMAH DARI AYAM GORENG ***

Pagi itu udara Nampak dingin menusuk tulang rusuk ku.. aku hari ini sedang berlibur di desa paman dan bibi ku.. desa yang sangat asri, Nampak di balik desa terlihat deretan gunung yang indah.. seperti berada di green land rasa nya.. hehehe..

Perkenalkan aku stevan. Aku dari kota.. kebetulan sudah sa’at nya libur kuliah.. dan aku lebih memiih suasana pedesa’an di banding mall.. rasa nya banyak berubah dengan pedesa’an di mana aku lahir ini.. Nampak pengaruh kota sudah banyak memasuki areal pedesaan ini.. di lihat dari segi transportasi nya. Semenjak aku pindah ke kota, aku selalu merindukan suasana damai tanpa sesak nya asap kendara’an bermotor dan riuh nya jalan-jalan dengan kemacetan, aku sangat ingat di kala ku masih kecil, setiap aku pergi ke sekolah aku selalu menaiki delman pak darmin dengan teman-teman ku.. walaupun berdesak-desak kan dengan sayuran yang di bawa pak darmin ke pasar, bagi kami tak ada masalah.. apalagi di sa’at teman ku warto terjatuh dari delman pak darmin karena ia mengantuk.. rasa nya aku seperti orang gila cengar cengir sendiri mengenang masa kecil ku..
Sejenak aku tersadarkan dari khayal ku yang merawang ke sana ke mari.. Fiuuhhh.. aku menghela nafas dalam-dalam.. sudah lebih 5 jam aku di dalam mobil.. ku lihat jam tangan ku sejenak.. Nampak jam masih merekat pada angka 4 pagi.. aku dan keluarga sengaja berangkat lebih awal karena jika terlambat sedikit saja macet mengepung mobil kami.. ini lah kota.. beda dengan pedesa’an.. ku lirik jok belakang Nampak wajah adik dan ibu ku sedang terlelap dalam buai angin pagi yang sangat dingin.. ku keluar kan slembar sarung dari dalam tas ku.. aku kasihan melihat adik dan ibu ku kedingininan.. ku rapat kan sarung itu ke badan mereka, Nampak tubuh mereka merespon sarung yang aku berikan, seperti nya dapat mengurangi rasa dingin udara pagi..

Ku lirik ayah di samping ku, mata nya terpaku pada jalan yang kami tempuh.. samar-samar ku lihat wajah ayah dari sorot lampu jalanan, Nampak beliau kelelahan menyetir.. aku ingin menggantikan posisi nya tapi ayah menahan ku dengan alas an ia masih kuat menyetir.. sorot mata ku pun beralih keluar jendela mobil, di luar masih sangat sepi, Nampak hanya deretan pohon-pohon yang di basahi embun pagi dan segelintir petani dengan kerbau nya.. tak puas rasa nya mta memandang dari dalam mobil.. ku buka perlahan kaca jendela mobil, Nampak raut senyum petani itu kepada ku.. aku pun membalas senyum ku pada petani itu..sungguh ramah orang-orang di desa ini fikir ku..

Tak terasa kami sudah melewati perbatasan kota, sedikit lagi kami sampai di desa.. tak sabar rasa nya aku ingin merebah kan diri di tilam.. aku tersentak membuyarkan lamunan ku, mobil kami berhenti di sebuah surau.. ku lirik lagi jam tangan ku.. hampir jam 5 pagi.. aku pun membangun kan ibu dan adik ku untuk bergegas mengambil air wudhu.. ayah Nampak nya sudah tak asing lagi dengan surau ini.. beliau berjalan lebih awal meninggalkan kami.. adazan sudah berkumandang, shalat berjama’ah dengan khusyuk kami laksanakan, oh tuhan betapa tentram jiwa ini.. gumam ku dalam hati.. namun ketika di teras surau, aku di kejut kan dengan seorang lelaki tua yang sangat dekil dan penuh debu, Nampak nya ia ingin melaksanakan shalat subuh juga di surau ini, ia membawa sebuah gerobak yang mungkin sudah tidak layak pakai lagi namun terlihat masih kuat. Bapak tua itu melayang kan senyuman nya pada ku.. aku tersentak kaget, dan ku coba membalas nya, namun bapak tua itu sudah memasuki surau, aku menaruh belas kasihan pada bapak itu.. tiba-tiba ayah membunyikan klakson mobil dan itu membuat ku kaget.. segera ku pasang sepatu ku dan dengan cepat ber lari kea rah mobil..

Singkat cerita, aku sudah tiba di rumah paman dan bibi ku, terobati sudah rasa rindu ku slama ini.. banyak cerita yang kami bagi.. begitu pula mereka.. di hari berikut nya, aku bangun pagi-pagi sekali, aku memang berniat pada hari ini untuk jalan-jalan mengitari desa yang membesarkan ku, aku pun pamit pada orang tua dan paman bibi ku.. huuuffttt.. sangat asri desa ini.. aku mengagumi keindahan di setiap perjalanan ku.. tak terasa matahari Nampak muncul dari balik pegunungan sana.. ohh betapa indah nya tuhan.. sejenak aku menghentikan kaki ku.. lama ku nikmati pemandangan desa ku.. aku tak sadar sudah berapa lama aku berkeliling.. ku lihat jam tangan ku.. Nampak waktu sudah beranjak jam 07.38 pagi.. perut ku Nampak keroncongan tanda rasa lapar itu menagih di isi.. langsung saja aku berlari dari tempat ku tadi, dan bergegas mencari warung makan ter dekat..

Akhir nya sampailah aku di sebuah warung makan di pinggir jalan setapak.. tak Nampak satu orang pun di dalam nya.. yang ku temui hanyalah ibu penjual nya yang sedang membuka barang dagangan nya.. maklum saja masih pagi fikir ku.. “bu.. boleh aku pesan nasi sama lalapan plus ikan goring dan sambal nya” Tanya ku singkat.. ibu penjual itu pun menjawab” iya den.. tunggu sebentar ya den..” aku memang suka makanan berbau pedesa’an, karena itu makanan favorit ku dari kecil.. lama aku menunggu ibu punjual itu.. iseng-iseng aku membuka akun facebook ku lewat handphone genggam ku, Cuma sekedar say hello pada teman-teman ku di kota.. asyik aku melihat layar handphone ku, aku di kejutkan dengan sosok yang masuk ke dalam tenda warung makan itu.. wajah nya sudah tak asing lagi bagi ku, dia bapak tua yang ku temui di surau tempo hari.. kembali dia melayangkan senyum nya pada ku..dan spontan aku membalas nya.. “ ini den makanan nya.. monggo den “ aku tersentak dengan kehadiran ibu penjual tadi tak sempat aku membalas perkata’an nya ibu itu pergi menemui bapak itu tadi.. Nampak bapak tua itu juga memesan nasi.. sambil ku santap makanan ku, samar-samar ku dengar bapak itu memesan makanan, segera ibu penjual itu kembali menyiapkan makanan untuk bapak itu.. aku heran kenapa bapak itu memesan dua porsi nasi, sejenak ku lirik ke luar tenda, betapa terkejut nya aku, di dalam gerobak yang bapak itu bawa Nampak seorang ibu dan anak perempuan yang lucu sedang bercanda, sambil membereskan Koran-koran di dalam nya.. betapa bahagia nya fikir ku keluarga kecil ini.. tak terasa nasi di piring ku sudah selesai, hujan pun perlahan turun di luar sana.. aku tertahan di dalam warung itu..ku lihat kembali ke arah mereka.. Nampak bapak tua itu keluar tenda memanggil anak dan istri nya.. seperti nya makanan yang di pesan sudah di hidangkan.. aku pun belum beranjak dari tempat ku, aku masih penasaran dengan keluarga kecil ini..
Ku lihat sesekali Nampak raut senyum bahagia di bibir mungil nya.. dan sangat menikamati ayam goreng yang ia makan dengan lahap….

Aku pun mulai merasa bosan dan beranjak pergi menemui ibu penjual itu untuk membayar makanan ku.. ada sesuatu yang menarik pandangan ku ketika aku melewati meja mereka.. ternyata yang menikmati makana itu Cuma ibu dan anak nya saja..ku perhatikan wajah sang ayah walau tampak lemah, lelah, dan lapar aku melihat goretan senyum bahagia di wajah nya.. Nampak pipi nya yang keriput tertarik oleh senyum di bibir nya.. dan yang ku takjubkan ketika aku mendengar bapak itu berkata “ makan yang puas nak.. ini adalah hari dimana kau lahir.. bapak senang bisa membahagiakan kalian, walau hanya dengan sepiring nasi..” kata bapak itu menahan air mata nya melihat putrid makan dengan lahap.. ya Allah….!!!!! Batin ku terguncang mendengar nya, aku tahu tangis itu tangis bahagia dari seorang bapak”... aku ter haru melihat keluarga kecil ini.. di keterbatasan nya sebagai pemulung, bapak tua itu masih ingat merayakan hari ulang tahun anaknya dengan memberikan ayam goreng di warung pinggir jalan untuk menghadiahi putri nya.. segera aku membayar sebelum air mata ini tumpah, dan dengan nada berbisik ku katakana “bu tagihan makanan bapak itu biar saya yang bayar, dan tolong tambahkan lagi ayam goreng serta nasi nya bu.”
Dan aku pun ber lalu dari hadapan mereka.. pelajaran berharga yang dapat aku ambil dari mereka.. “TUHAN SELALU MEMBERIKAN HAL YANG TERBAIK UNTUK KU.. AKU YANG TERBIASA DENGAN MAKANAN PIZZA, SUSHI, Mc DONALD, DAN SEBAGAI NYA, SUNGGUH TAK PANTAS AKU MENGELUH PADA TUHAN, MELIHAT MEREKA YANG MAKAN HANYA DENGAN AYAM GORENG YANG MUNGKIN BAGI KU BIASA, NAMUN BAGI MEREKA MAKANAN ITU ADALAH MAKANAN MEWAH.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar